Saturday, February 4, 2017

Launching 3 Produk Unggulan (Naura, Otok Jawara, dan Program Same Sae)

(Rabu, 25/01/2017) Setelah berhari-hari bekerja keras melakukan uji coba dan pengembangan pengelolaan 3 produk unggulan ini, saatnya untuk mengadakan acara launching dengan meresmikan ketiga produk tersebut. Dalam acara launching ini dihadiri oleh seluruh perangkat desa dan beberapa masyarakat desa waru barat.


Selain dari seluruh perangat desa, acara ini juga dihadiri oleh Bapeda (Badan Perencanaan Pembangunan Daerah) Kabupaten Pamekasan.


Dalam acara ini, tidak luput pula kerjasama dari Mahasiswa KKN Kelompok 21 Universitas Trunojoyo Madura 2017. Mulai dari perencanaan, persiapan, pelaksanaan acara ini merupakan hasil dari bentuk kerjasama dari pihak Kepala Desa dan Mahasiswa KKN 21 Universitas Trunojoyo Madura




3 produk utama yang akan di launching, diantaranya adalah sebagai berikut:


1. Otok Jawara (Jajanan Waru Barat)



Otok Jawara (Jajanan Waru Barat) pada awalnya adalah produk hasil dari home industry yang ada di desa waru barat kecamatan waru kabupaten pamekasan. Tidak dipungkiri lagi bahwa Otok dari daerah waru sudah dikenal dimana-mana. Dengan melihat potensi tersebut pihak BUMDes berinisiatif untuk mengembangkan lagi produk tersebut dan di masukan kedalam daftar produk unggulan BUMDes. Pihak BUMDes mengembangkan produk Otok tersebut dengan mendesain kemasan yang baru dan nama yang unik, yaitu dengan nama "OTOK JAWARA (Jajanan Waru Barat)".
Saat acara launching, produk ini telah mendapat sambutan yang positif dari pihak Bapeda, Perangkat Desa, dan Warga yang menghadiri acara tersebut.


2. Naura (Nugget Lele Waru Barat)


Naura adalah produk yang bisa dikatakan benar-benar baru, baru diciptakan, dan baru muncul pertama kali di waru barat. Produk ini adalah hasil dari kerjasama dari pihak BUMDes dengan Mahasiswa KKN 21 Universitas Trunojoyo Madura. Naura ini adalah produk makanan yang dibuat dari bahan dasar Lele Segar, dari situlah nama Naura ini didapat (Nugget Lele Waru Barat).
Setelah beberapa hari melakukan uji coba dan pengembangan resep, Naura kini sudah sempurna dan siap di pasarkan. Saat acara launching produk ini juga memperoleh sambutan yang positif dari pihak Bapeda, perangkat desa, dan masyarakat desa waru barat. Bahkan setelah acara di tutup, kami dari pihak produsen langsung kebanjiran pesanan, langsung mendapatkan pesanan 100 bungkus lebih.


3. Software Same Sae (Samenit Mareh Sadhejeh Epalastareh)


Software Same Sae adalah software hasil dari kerjasama kepala desa sebagai inisiator project dan salah satu mahasiswa KKN 21 UTM 2017 sebagai Developer. Dengan melihat kebutuhan tentang pelayanan masyarakat khususnya pendataan dan surat menyurat, Kepala Desa Waru Barat mempunyai inisiatif ingin membuat program yang dapat mempermudah untuk memberikan pelayanan pada masyarakat khususnya surat menyurat. Oleh karena itu dibuatlah program yang berbentuk software "SAME SAE (Samenit Mareh, Sadejeh Epalastareh)".
Program ini berisi pengolaan data warga yang didapat dari data Kartu Keluarga, dan juga berisi management percetakan surat yang sangat baik.
Saat acara launcing, software ini telah mendapat sambutan yang menarik dari seluruh hadirin, khususnya dari pihak Bapeda. Bapeda melihat ini merupakan software management data desa untuk masa depan. Tidak hanya itu, beliau juga berkeinginan untuk dapat mengaplikasikan program ini keseluruh desa yang ada di Pamekasan, dengan syarat harus menyempurnakan lagi program yang telah di launching ini.



Acara launching ini diakhiri dengan foto bersama Kepala Desa, Bapeda, Perangkat Desa, dan Mahasiswa KKN 21 Universitas Trunojoyo Madura.


 



EmoticonEmoticon