Tuesday, January 31, 2017

Percobaan Pembuatan Bio Gas Oleh KKN 21


Percobaan pembuatan Bio Gas oleh KKN 21 ini dilakukan oleh beberapa anggota KKN 21 diantaranya adalah Rozi, Meidy, Arif, Musyafi, Budi, dan Kenny. Percobaan ini di buat dengan alat  dan bahan sebagai berikut:
  1. Jurigen Besar
  2. Selang Regulator
  3. Selang Biasa
  4. Pipa
  5. Pisau
  6. Solder
  7. Ban Bekas
Pada mulanya teman-teman KKN 21 Universitas Trunojoyo Madura tidak ada maksud untuk membuat percobaan Bio Gas ini. Sebelum melakukan percobaan pembuatan bio gas ini, mahasiswa KKN 21 UTM memiliki rencana untuk melakukan penyuluhan dan pembentukan kelompok ternak ke peternak sapi yang ada di desa waru barat, akan tetapi dari hasil surve teman-teman mahasiswa KKN 21 UTM, di waru barat ini peternak sapi khususnya sapi sono' sudah memiliki manajemen peternakan yang baik, sudah memiliki kelompok ternak, dan juga setiap beberapa minggu sekali selalu ada penyuluhan dari dinas peternakan, bahkan di di desa waru barat ini peternak sapi sudah melakukan pemurnian sapi madura.


Melihat dari hasil surve tersebut, mahasiswa KKN 21 dari UTM menjadi kebingungan karena tidak ada lagi yang perlu dilakukan atau diberikan kepada peternak sapi yang ada di waru barat ini. Oleh karena itu, teman-teman mahasiswa KKN memutar otak untuk mencari potensi lain yang masih belum termanfaatkan disini, salah satunya adalah dengan membuat Bio Gas. Melihat dari banyaknya peternak sapi yang ada disini, maka Bio Gas merupakan salah satu potensi yang dapat dibuat dari kotoran sapi yang di hasilkan sapi-sapi yang ada di waru barat. Maka dilakukanlah percobaan pembuatan bio gas, dengan harapan nantinya akan memberikan manfaat lebih dari peternak sapi dan warga sekitar di waru barat.


EmoticonEmoticon