Wednesday, February 1, 2017

Management Pakan dan Air Kolam Lele

Pemberian pakan pada lele yang merupakan usaha desa yang dikelola oleh dawa corp "dasawarsa corporation waru barat. Pemberian pakan ini dilakukan setiap pagi, siang, dan malam. hal ini dilakukan secara teratur karena saat ini terdapat 6 kolam lele yang masih baru dan kurang adanya managemen pakan sebelumnya.


Saat ini 6 kolam lele ini sedang dikembangkan pengelolaannya oleh salah satu mahasiswa KKN 21 Universitas Trunojoyo Madura yang bernama mas Sani. Sebelum adanya mahasiswa KKN di sini, kolam ini de kelola oleh dua orang yang bernama mas Agus dan pak Ramli, akan tetapi karena kurangnya pengetahuan tentang budidaya ikan lele, maka perkembangan ikan lele pun melambat dan angka kematiannya pun sangat besar. Oleh karena itu, mas Sani selaku perwakilan dari mahasiswa KKN 21 Universitas Trunojoyo Madura yang telah memiliki ilmu tentang budidaya lele ingin membantu untuk memperbaiki kondisi 6 kolam lele yang kondisinya kurang baik.


Sebelumnya angka kematian perharinya sudah mencapai 30 lebih, bahkan mencapai 40 ekor. namun setelah budidaya ikan lele tersebut dibantu oleh mas Sani, saat ini angka kematian perharinya menjadi sangat kecil, yaitu sekitar 3 sampai 0 ekor perhari. Hal ini disebabkan oleh menejemen pakan dan menejemen air yang baik.
Diharapkan, menejemen pakan dan air ini akan tetap terus berlanjut dan dapat terus diterapkan oleh mas Agus dan Pak ramli selaku pengelola 6 kolam ikan lele ini.


EmoticonEmoticon